Beranda » Mobil » Cara Balik Nama BPKB Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Cara Balik Nama BPKB Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Dipublish pada 29 April 2023 | Dilihat sebanyak 239 kali | Kategori: Mobil

cara balik nama bpkb mobil

Apakah Anda baru saja membeli mobil bekas atau ingin menjual mobil Anda dan perlu melakukan proses balik nama BPKB? Pernahkah Anda merasa bingung dengan proses ini? Jangan khawatir, karena pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap cara balik nama BPKB mobil yang perlu Anda ketahui. Dari persiapan dokumen hingga langkah-langkah yang harus dilakukan, kami akan menjelaskan semuanya.

Mengapa Balik Nama BPKB Mobil Penting?

Sebelum kita membahas cara balik nama BPKB mobil, penting untuk memahami mengapa proses ini sangat penting. Balik nama BPKB mobil adalah proses pemindahan hak kepemilikan kendaraan dari penjual ke pembeli. Proses ini sangat penting untuk menghindari masalah hukum dan memastikan bahwa kendaraan tersebut benar-benar milik Anda. Selain itu, proses balik nama BPKB mobil juga penting untuk mengurus asuransi, pajak kendaraan, dan berbagai urusan terkait kendaraan.

Persiapan Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama dalam proses balik nama BPKB mobil adalah mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus Anda siapkan:

  1. STNK asli (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  2. BPKB asli (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
  3. Fotokopi KTP penjual dan pembeli
  4. Surat Keterangan Jual Beli (SKJB)
  5. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
  6. Fotokopi faktur pembelian kendaraan (jika ada)
  7. Fotokopi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang telah dibayar

Setelah Anda mengumpulkan semua dokumen ini, Anda siap untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam proses balik nama BPKB mobil.

Proses Balik Nama BPKB Mobil

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk melakukan proses balik nama BPKB mobil:

1. Kunjungi Kantor Samsat Terdekat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi kantor Samsat terdekat di wilayah Anda. Pastikan Anda membawa semua dokumen yang telah disebutkan di atas. Di kantor Samsat, Anda akan diberikan formulir yang harus diisi dan dikembalikan bersama dengan dokumen-dokumen yang diperlukan.

2. Mengisi Formulir dan Membayar Biaya

Setelah Anda mengisi formulir yang diberikan oleh petugas Samsat, Anda akan diminta untuk membayar biaya balik nama BPKB mobil. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan wilayah tempat Anda mengurusnya. Setelah membayar biaya tersebut, Anda akan menerima tanda terima yang harus Anda simpan dengan baik.

3. Penelitian Administrasi dan Fisik Kendaraan

Setelah mengisi formulir dan membayar biaya, kendaraan Anda akan diperiksa secara administrasi dan fisik oleh petugas Samsat. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut sesuai dengan data yang tertera pada dokumen dan tidak terlibat dalam kasus hukum atau kehilangan. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam dokumen.

4. Pengesahan Dokumen

Apabila pemeriksaan administrasi dan fisik selesai, Anda akan diminta untuk menyerahkan semua dokumen yang diperlukan kepada petugas Samsat. Setelah petugas memeriksa dan mengesahkan dokumen, Anda akan menerima BPKB baru dengan nama Anda sebagai pemilik kendaraan.

5. Mengurus STNK Baru

Setelah menerima BPKB baru, langkah terakhir dalam proses balik nama BPKB mobil adalah mengurus STNK baru. Anda harus mengajukan permohonan STNK baru di kantor Samsat yang sama dengan membawa BPKB baru, fotokopi KTP, dan tanda terima pembayaran biaya balik nama. Setelah mengajukan permohonan, Anda akan menerima STNK baru dengan nama Anda sebagai pemilik kendaraan.


Biaya Balik Nama BPKB Mobil

Biaya balik nama BPKB mobil bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan wilayah tempat Anda mengurusnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang biaya balik nama di wilayah Anda, Anda dapat menghubungi kantor SAMSAT terdekat.

Cara Balik Nama BPKB Mobil untuk Warisan

Jika Anda mewarisi kendaraan dari anggota keluarga yang telah meninggal, proses balik nama BPKB mobil mungkin sedikit berbeda. Anda harus membawa dokumen berikut ke SAMSAT:

  1. Surat keterangan ahli waris dari kelurahan atau kecamatan.
  2. Fotokopi KTP pemilik baru dan pemilik sebelumnya.
  3. Fotokopi surat keterangan meninggal dunia dari kelurahan atau rumah sakit.

Cara Balik Nama BPKB Mobil untuk Lelang

Jika Anda membeli kendaraan dari lelang, Anda harus mengurus balik nama BPKB mobil sesuai dengan aturan lelang yang berlaku. Biasanya, Anda harus membawa dokumen berikut ke SAMSAT:

  1. Surat keterangan lelang yang menyatakan Anda sebagai pemenang.
  2. Fotokopi KTP pemilik baru.
  3. Fotokopi BPKB mobil yang akan dibalik nama.

Tips Menghindari Penipuan Balik Nama BPKB Mobil

Untuk menghindari penipuan saat mengurus balik nama BPKB mobil, pastikan Anda melakukan hal berikut:

  1. Selalu lakukan transaksi di kantor SAMSAT resmi.
  2. Jangan menggunakan jasa perantara yang tidak jelas atau tidak resmi.
  3. Pastikan Anda menerima BPKB asli setelah proses balik nama selesai.
  4. Lakukan pengecekan secara berkala terhadap dokumen kendaraan Anda.

Cara balik nama BPKB mobil mungkin terasa rumit, tetapi jika Anda mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, proses tersebut akan berjalan lancar. Pastikan Anda mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dan membayar biaya yang ditentukan. Selalu pastikan bahwa dokumen kendaraan Anda up-to-date dan sesuai dengan identitas Anda sebagai pemilik baru. Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi kantor SAMSAT terdekat atau berkonsultasi dengan ahli yang berkompeten. Dengan demikian, Anda akan menjadi pemilik resmi kendaraan yang Anda beli dan bisa menggunakannya tanpa khawatir mengenai masalah hukum.

Bagikan ke
Diposting oleh

Risa adalah seorang Sales Executive di dealer Honda Cikarang. Ia ahli dalam penjualan mobil Honda dengan pengalaman luas dalam industri otomotif. Risa komunikatif, tanggap, dan berdedikasi tinggi. Ia memberikan informasi akurat dan solusi tepat kepada pelanggan. Risa juga memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik dan berkomitmen untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Cara Buka Blokir BPKB Mobil

Cara Buka Blokir BPKB Mobil dengan Mudah!

Dipublish pada 15 May 2023 | Dilihat sebanyak 453 kali | Kategori: Mobil

  Banyak pemilik mobil di Indonesia yang mengalami kendala dalam hal pemblokiran BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) mobil mereka. Blokir BPKB bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti tunggakan pajak, denda tilang yang belum diselesaikan, atau pinjaman yang belum lunas. Namun,... selengkapnya

Perluas Jaringan Purna Jual, Honda Resmikan Dealer Honda Nengga Mobilindo di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo

Dipublish pada 27 January 2023 | Dilihat sebanyak 144 kali | Kategori: Honda

  Honda, salah satu produsen otomotif terkemuka di Indonesia, baru-baru ini melakukan langkah strategis untuk memperluas jaringan purna jualnya dengan resmi membuka dealer baru Honda Nengga Mobilindo di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Dengan adanya dealer baru ini, masyarakat di wilayah tersebut... selengkapnya

Cara Cek Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak

Cara Cek Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak yang Wajib Anda Ketahui!

Dipublish pada 17 May 2023 | Dilihat sebanyak 208 kali | Kategori: Mobil

  Aki mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem kelistrikan kendaraan Anda. Fungsinya adalah menyimpan energi dan menyediakan daya untuk menyalakan mesin serta mengoperasikan berbagai sistem listrik di mobil. Seiring waktu, performa aki mobil dapat menurun, dan akhirnya memerlukan... selengkapnya

Alamat Dealer

Dealer Honda Cikarang

Jl. MH. Thamrin No. 152, Lippo Cikarang Bekasi, 17520

*Samping Mall Lippo Cikarang